Panti Asuhan Putra Al Jalil resmi berdiri pada tanggal 5 Juli 2013. Panti ini terletak di Tambakrejo, Sariharjo, Sleman. Panti ini lahir karena mendapat tanah wakaf masyarakat dengan berkerjasama dengan PA Sinar Melati. pengembangan panti ini yang sekaligus pembangun masjid warga, sehingga Panti ini menjadi satu dengan masjid warga setempat. (update Oktober 2013 pembangunan masjid masih terhenti dan dalam proses pengumpulan dana)

Saat ini Panti Asuhan Al Jalil memiliki 6 anak asuh. 2 kuliah dan 4 anak usia SMA/K. Kegiatan yang rutin dilakukan di panti asuhan ini antara lain mengajar TPA, sholat berjamaah, kajian rutin keagamaan, dan  memasak.

Untuk masalah kebutuhan pangan sehari-hari, panti asuhan ini biasa membeli bahan makanan dari luar untuk kemudian dimasak sendiri. Selama ini, Panti Asuhan Al Jalil masih mendapat bantuan dari Sinar Melati Pusatdengan lebih mengandalkan pendanaan dari donatur sukarela dan infak.

Untuk saat ini, fasilitas yang dimiliki oleh Panti Asuhan Putri Al Quddus antara lain :

 

No. Nama Fasilitas Jumlah Keterangan
1. Kamar tidur 3 ruang
2. Kamar mandi 4 ruang
3. Aula
4. Masjid 1 Menjadi satu dengan masjid warga
5. Tenaga pengajar 2 orang
6. Ruang tamu 1 ruang
7. Perpustakaan
8. Koleksi buku
9. Papan tulis  –
10. Rak buku
11. Komputer
12. Ruang mengajar

Secara Umum panti ini secara fasilitas dirasa sudah cukup namun walaupun masuk jaringan Sinar Melati fasilitas non-fisik yang masih kurang. Tidak adanya pengasuh yang mengelola panti ini membuat panti ini seolah “kurang terurus”. masalah-masalah harian yang di hadapi anak-anak kurang mendapat perhatian lebih, hal ini bisa menjadi kendala sendiri ketika mereka ingin mandiri kelak.

 

Kontak Panti Asuhan Al Jalil (Sinar melati 35):

Dusun Tambakrejo, Sariharjo, Sleman

No. telepon:  CP Mas Siswanto (085643293411) atau Pak Budi 08122958931

(peta Panti bisa dilihat disini)

 

Kategorisasi Panti :

Skor Kategori Fasilitas

8 – 10  Memadai

5 – 7    Cukup

0 – 4    Kurang

Skor Kelayakan Fasilitas Panti Asuhan Al Jalil : 3 (kurang)

 

nb : untuk update infopanti bisa follow & mention @senyumkita ^^ | update kegiatan kita juga bisa dilihat di http://www.senyumkita.com/