• Mengapa SeMANGAT ?

    Anak – anak panti asuhan selama ini lebih sering menghabiskan waktunya di dalam pantinya saja. Di sekolahnya pun anak – anak panti asuhan ini memiliki ruang lingkup pergaulan yang relatif terbatas. Mereka juga hanya berkesempatan bertemu dengan orang lain atau orang luar, apabila terdapat relawan atau dermawan yang berkunjung ke panti asuhan mereka.

    Sebagai bagian dari generasi masa depan Indonesia yang kelak akan terjun ke lingkungan yang lebih luas, anak – anak panti asuhan seharusnya memiliki interaksi yang lebih dengan lingkungan yang berada di luar panti asuhannya. Namun, dalam hal ini bukanlah untuk dijadikan objek sebagai potret kaum marjinal. Melainkan hendaknya mereka dirangkul dan diikutsertakan ke dalam sistem sosialisasi masyarakat yang lebih luas. Sehingga, mereka akan terbiasa berkomunikasi dan berinteraksi dengan lingkungan serta orang – orang baru, yang kemudian dapat mendorong kesadaran bermasyarakat mereka, bahwa mereka bukan hanya warga panti asuhan yang ‘berbeda’ dengan masyarakat umum.

    Kelak, dengan tingkat komunikasi dan interaksi yang lebih lancar, maka tingkat sosialisasi mereka dengan masyarakat sekitar juga lebih baik. Interaksi dibutuhkan bukan hanya untuk beradaptasi dengan orang lain, namun juga agar mereka dapat mengembangkan potensi yang dimiliki, serta untuk mewujudkan mimpi yang mereka harapkan.

    Mengembangkan potensi yang ada dalam diri anak-anak panti asuhan tidak hanya berpusat pada sekolah – sekolah regular atau pendidikan intern panti saja. Cara mengembangkan diri dan potensi mereka akan lebih signifikan apabila disalurkan melalui program-program pelatihan yang mengkhususkan pada bidang tertentu yang sesuai dengan minat dan bakat masing-masing anak.

    Berkaitan dengan hal tersebut, maka Senyum Community berencana mengadakan program SeMANGAT (Senyum Mengajar Anak Panti) di berbagai panti asuhan, khususnya yang menjadi mitra/binaan dari Senyum Community sendiri. Program ini merupakan program penggalian dan pengembangan potensi serta bakat yang dimiliki oleh anak-anak yang tinggal di panti asuhan, untuk kemudian dapat mereka salurkan kepada tujuan-tujuan jangka panjang yang positif bagi masa depan mereka dan juga masyarakat nantinya.

  • Apa Tujuan Program SeMANGAT?

    Adapun tujuan dari program ini adalah :

    1. Memberikan akses pendidikan yang tepat dan berkualitas kepada anak-anak Yatim & Dhuafa yang tinggal di Panti Asuhan
    2. Memberikan kesempatan bagi masyarakat, khususnya anak muda untuk terlibat dalam mencerdaskan bangsa
  • Apa Saja Bentuk Program SeMANGAT?

    A. Regular

    1. Kelas SeMANGAT Belajar

    Program belajar bersama yang dilakukan secara berkala, dan bertujuan untuk membantu memecahkan berbagai persoalan yang terkait dengan pelajaran di sekolah.

    2. Kelas SeMANGAT Sukses UN

    Program yang meliputi berbagai bentuk persiapan menghadapi UN (Ujian Nasional) untuk anak yatim/dhuafa, sehingga mampu memperoleh hasil yang maksimal dalam UN tersebut.

    B. Non-regular

    Program Pendidikan Alternatif untuk anak yatim/dhuafa guna memberikan bekal, pengalaman & inspirasi yang dibutuhkan untuk menghadapi masa depan.

    Program ini disesuaikan dengan kebutuhan peserta maupun kesediaan pengajar program ini. Program ini bisa berupa

    1. Kelas SeMANGAT Usaha | materi wirausaha/entrepreneur
    2. Kelas SeMANGAT Kreatif | materi Kreatifitas seperti menyulam, membuat kerajinan dll
    3. Kelas SeMANGAT Menulis | materi penulisan
    4. dll
  • Mau Mendukung kami?

    Mau menjadi Kakak SeMANGAT?  Jadilah pemateri/pengajar SeMANGAT

    Mau menjadi Pejuang SeMANGAT? Jadilah Relawan yang membantu pelaksanaan kegiatan

    Mau menjadi Sahabat SeMANGAT? Jadilah donatur, sponosor ataupun mitra program kami

    silahkan isi form disini sebagai kesedian mendukung program kami.

    info lengkap dan program bisa dilihat disini.

    Donasi yang bisa dilakukan melalui:

    • BRI KCP UGM 216401001022502 a.n  Dwi Wahyu Arif Nugroho
    • Bank Mandiri cab. Yogyakarta Katamso No. Rek. 1370007480144  a.n Dwi Wahyu Arif Nugroho
    • BNI Cab UGM Yogya 0225606051 a.n  Dwi Wahyu Arif Nugroho
    • BCA KCU Magelang 1220988496 a.n  Dwi Wahyu Arif Nugroho

    ataupun dukungan dalam bentuk lain yang bisa mensukseskan program-program kami. saat transfer sertakan kode donasi 011 contoh : 600.011 utk memudahkan alokasi pr0gram kita :)

    dan konfirmasi via sms ke ke 085729348588* dg format DONASI PROGRAM_JUMLAH_ATAS NAMA_via BANK | Contoh : DONASI Bantu Dhuafa_600.011_Farah Nafira_BCA

    *nomor diatas HANYA untuk konfirmasi donasi bukan untuk komunikasi