Training Public Speaking Yayasan Senyum Kita

Yayasan Senyum Kita dalam meningkatkan skil, percaya diri dan kemampuan untuk berbicara di hadapan umum, mengadakan pelatihan Public Speaking. Yang merupakan salah satu program dari HRD Yayasan Senyum Kita dibawah naungan divisi operasional Yayasan Senyum Kita. Pelatihan ini dilaksanakan secara hybrid pada tanggal 4 dan 11 Maret 2022. Bertempat di Kolektif Collaboration Space.

Kak Beta Santika

Pelatihan public speaking kali diikuti oleh peserta magang batch 1 tahun 2022 yang berjumlah kurang lebih 20 orang. Dengan mengusung tema “ How To Be A Good Public Speaker, Master Of Ceremony and Presenter”. Dan mendatangkan 1 pemateri yang ahli dibidangnya, yaitu Kak Beta Santika merupakan seorang publik speakers, soft skills trainer, dan seorang Founder dan CEO santeachacademy.id dan talkin brave.

Tujuan dari pada pelatihan ini adalah bagimana memberikan materi dan ketrampilan public speaking kepada peserta supaya dapat melakukan public speaking dalam bidang Master Of Ceremony dan presenter dengan percaya diri. Melalui kegiatan ini harapanya seluruh peserta dapat menyadari betapa pentingnya kemampuan berbicara di depan umum. Khususnya menjadi Master Of Ceremony dan pembicara dalam setiap kegiatan yang dilakukan oleh Yayasan Senyum Kita dan tentunya dapat mengembangkannya sehingga dapat bermanfaat untuk kedepannya.

Pelatihan ini diawali dengan briefing panitia, pembukaan MC, laporan kegiatan oleh direktur operasional, sambutan dan simbolis pembukaan, pengenalan trainer, penyampaikan materi, tanya jawab, simulasi dan penugasan pada pertemuan kedua. Pada pembukaan Presiden Direktur yang kali ini diwakili oleh Diretur operasional menyampaikan, “ pelatihan ini besar harapanya dapat memberikan ilmu baru dan experience dari pelatihan ini, dan yang kami persiapkan adalah mampu untuk action di tanggal 26 Maret di rapat triwulanan” kemudian pada hari keduanya dihadiri langsung oleh Presiden Direktur dan menutup acara pelatihan secara simbolis dan menyampaikan beberapa pesan dan harapan dalam sambutanya “Dengan adanya pelatihan ini harapan saya dapat selalu bermanfaat dalam berbagai hal dan mampu membekali diri di setiap acara/event yang dilaksanakan oleh yayasan maupun hal lain yang berbau public speaking”.

Materi-materi yang disampaikan oleh kak Beta Santika meliputi penjeasan apa itu public speaking, metode public speaking, hal-hal yang perlu diperhatikan saat public sepeaking, tips-trik dalam public speaking, nada bicara seorang public speaking, penambilan, penugasan, FGD dan praktik. Selama pelatihan ini berlangsung dalam 2 kali pertemuan kak Beta Juga menyampaikan pesan yang harus digaris bawahi untuk kelangsungan praktik public speaking “Hal pentig yang harus di garis bawahi dalam public speaking adalah pengetahuan, penyampaian, penampilan. Public Speaking akan berhasil jika hal itu memberi dampak, bermakna, dan memahami”.

Pada sesi akhir dari pelatihan di hari kedua di isi dengan praktik menjadi seorang moderator dan  praktik berbicara di depan umum dengan membawakan meteri laporan. Praktik ini juga dinilai langsung oleh kak Beta untuk bahan pertimbangan oleh HRD dalam mengelola SDM yang ada di Yayasan Senyum Kita. Lalu acara ini ditutup oleh Bapak Presiden Direktur yaitu bapak Dwi Wahyu Arif Nugroho dan dilanjutkan dengan foto bersama dan kesan pesan selama pelatihan tentunya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *