Di Balik Senyumnya

Tersenyum Bahagia Bersama Tas dan Sepatu Barunya

Senyum manis yang menghiasi wajahnya seolah anak yang duduk di bangku kelas IV SD ini melewati hari-harinya dengan keceriaan. Hari itu, 21 Juli 2014 tim Senyum Community berbagi senyuman bersama gadis kecil ini yang tampak senang dengan tas dan sepatu barunya itu.

Nandita Aulia Putri, seorang anak yang hidup dengan situasi keluarga dan masyarakat yang memprihatinkan. Kondisi tempat tinggalnya di daerah Kotagede berada di dekat sungai dan dekat pembuangan limbah pabrik. Kehidupan sosial masyarakat yang  kurang pengetahuannya terlebih jika dilihat dari segi agama. Pekerjaan masyarakat setempat  mayoritas bekerja sebagai tukang sampah, pemulung, tukang parkir, jualan es/mainan anak-anak di kebun binatang Gembira Loka, atau sebagai pengamen.

Menjadi pemandangan yang biasa ketika melihat orang-orang bertato dan mabuk-mabukan berada di sekitar tempat tinggal Dita, begitulah ia disapa. Disebabkan  karena minimnya pengetahuan tentang agama membuat mereka menjadi hidup bebas seperti itu.

Dita terkadang bisa menutupi perasaannya, sementara ia masih terbebani dengan kondisi keluarga yang seperti itu. Ayahnya yang memiliki keluarga baru lagi dengan kondisi ekonomi yang belum mapan dan ibu yang tidak bekerja sementara masih harus mengurus  adiknya juga. Maka dari itu neneknya meminta Dita untuk tinggal bersamanya saja, karena ada kekhawatiran akan terpengaruh dengan pergaulan di tempat tingal ibunya tersebut. Di rumah neneknya, Dita mulai diajarkan untuk sholat, puasa seharian penuh, dan lebih diajarkan dalam beragama.

Gadis kecil yang bermimpi menjadi seorang pramugari ini, berharap suatu saat akan terbang bersama impiannya dan di sana ada secercah harapan akan masa depannya yang tak akan sesuram kondisi tempat tinggalnya sekarang.

Profil-adik-asuh-Dita

(Silakan mengunduh file di atas untuk mengetahui lebih jauh tentang Dita)

 

About the Author

Leave a Reply

*